11 Manfaat Kemangi Untuk Tubuh

Manfaat Kemangi – Tanaman Kemangi yang memiliki aroma harum dan membangkitkan nafsu makan memang sudah lama digunakan sebagai campuran bahan makanan. Namun, sebenarnya tanaman ini juga telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional.

Beberapa penyakit ringan yang dapat disembuhkan menggunakan ramuan kemangi ini adalah meredam rasa panas luka bakar, mengobati sakit perut, sakit kepala, diare, demam, efek gigitan serangga, batuk, pilek, hingga sebagai antibakteri.

Kandungan yang Terdapat dalam Kemangi

Dalam tanaman Kemangi, terutama pada bagian daunnya, terdapat setidaknya air, protein, karbohidrat, antioksidan lutein, antioksidan zeaxanthin, dan tentu saja serat.
Selain itu, terdapat juga beberapa kandungan, yang terbilang sedikit jumlahnya, yaitu kalsium, zat besi, kalium, magnesium, fosfor, folat, vitamin A, B, C, dan vitamin K.

Tak Hanya Dijadikan Lalapan, Ini 11 Manfaat Kemangi Untuk Tubuh

Dengan kandungan-kandungan tersebut, manfaat kemangi yang dapat diperoleh ketika mengonsumsinya adalah sebagai berikut.

1. Mencegah Penuaan Dini

Kandungan-kandungan seperti betakaroten, vitamin A, antioksidan cryptoxanthin, antioksidan lutein dan antioksidan zea – xanthin akan menjaga tubuh dari radikal bebas. Efek yang dapat terlihat adalah kulit yang terjaga kesehatannya.

2. Mengurangi Jerawat

Minyak yang terdapat dalam kemangi diklaim memiliki sifat anti bakteri yang dapat bekerja di area wajah. Hal itu kemudian secara tidak langsung dapat mengurangi pertumbuhan jerawat. Salah satu penyebab jerawat adalah bakteri.

Baca Juga: Kanduangan Sarang Semut Papua

3. Menjaga Kesehatan Lambung

Meskipun biasanya perannya hanya sebagai lalapan, penyadap aroma, atau bukan bahan makanan utama, tetapi rupanya kemangi ikut peran ketika sudah ada di dalam perut.

Kemangi dapat bermanfaat dalam menjaga kesehatan lambung. Kemangi dapat menurunkan kadar asam lambung yang secara otomatis berarti meningkatkan pelepasan lapisan lendir.

Lapisan lendir yang dimaksud akan berfungsi dalam melindungi dinding lambung yang akan mencegah terjadinya luka.

4. Mempercepat Penyembuhan Luka

Selain antibakteri, kemangi juga bersifat antivirus dan anti jamur. Dengan begitu, kemangi sangat baik digunakan untuk mengobati luka menganga, apalagi yang sudah terinfeksi.

5. Mengontrol Gula Darah

Apabila diolah menjadi teh, maka kemangi diklaim dapat menurunkan tekanan darah. Hal itu karena pada dasarnya kemangi memiliki sifat menenangkan yang membuat rileks.

6. Mencegah Stres

Antiinflamasi dalam kemangi akan membuat seseorang yang mengonsumsinya menjadi lebih tenang atau rileks. Hal ini sangat baik bagi seseorang yang sulit tidur, sulit konsentrasi, atau pun mudah merasa lelah.

7. Antiradang dan Antikanker

Kemangi memang memiliki sifat antioksidan yang tinggi. Antioksidan tinggi dalam kemangi disebut-sebut dapat menolak radang hingga kanker. Walaupun begitu, hingga kini memang belum ada proses pengobatan kanker menggunakan kemangi.

8. Mencegah atau Mengurangi Rematik

Hal tersebut karena sifat anti radang dan kandungan anti-inflamasi.

9. Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat kemangi akan mencegah degenerasi makula kulit kalrena faktor usia. Selain itu, kemangi juga akan melindungi kulit dari radiasi sinar UV,

10. Melancarkan Siklus Menstruasi

Zat besi yang ada pada kemangi akan memicu produksi hemoglobin yang secara tidak langsung juga akan melancarkan siklus menstruasi.

11. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Kemangi dapat mencegah pengendapan di dalam ginjal dan kandung kemih. Dengan begitu, maka kita akan terhindar dari batu ginjal dan masalah buang air kecil.

Itu tadi adalah beberapa manfaat kemangi yang menyehatkan tubuh. Mulai sekarang kamu bisa menanam tanaman yang satu ini di sekitar rumah dan mencampurkannya ke masakan. Selain menambah harum, maka beberapa kandungannya akan bermanfaat bagi tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *