5 Minuman Penurun Kolesterol, Salah Satunya Jus

Nasi Box – Kolesterol sebenarnya berperan dalam pembentukan dinding sel dan beberapa hormon. Namun, jumlah kolesterol yang terlalu banyak di tubuh kita akan tertimbun di dinding pembuluh darah arteri sehingga dapat mempersempit dan menghambat peredaran darah.

Umumnya kolesterol berasal dari dua sumber yaitu diproduksi oleh hati dan dari makanan yang kita konsumsi. Oleh karena itu, di dalam tubuh kita terdapat kolesterol baik (HDL) dan kolesterol jahat (LDL). Kolesterol jahat atau LDL inilah yang perlu Anda waspadai. Angka kolesterol normal harus di bawah 200 mg/dl.

Beberapa penyakit yang timbul akibat kadar kolesterol yang tinggi yaitu penyakit – penyakit yang berhubungan dengan tersumbatnya pembuluh darah seperti penyakit jantung koroner, penyakit arteri perifer, stroke serta penyakit batu empedu.

Tingginya kadar kolesterol dalam darah biasanya ditandai dengan gejala – gejala seperti pusing di kepala bagian belakang, sering kesemutan pada kaki dan tangan serta pundak dan tengkuk sering terasa pegal.

5 Minuman Penurun Kolesterol ini Bisa Atasi Tingginya Kadar Kolesterol

Untuk mengantisipasi penyakit – penyakit yang diakibatkan oleh tingginya kadar kolesterol, sebaiknya Anda menerapkan pola makan sehat dan mengonsumsi minuman penurun kolesterol. Simak beberapa minuman penurun kolesterol berikut ini.

1. Jus Anggur

Jus anggur mengandung serat dan antioksidan yang baik untuk tubuh. Jus anggur mampu menurunkan kadar kolesterol jahat serta dapat menyeimbangkan kadar kolesterol dalam darah, sehingga jus ini dapat dijadikan minuman penurun kolesterol.

Anda bisa meminum jus anggur secara rutin, namun saat meminum jus anggur jangan ditambah gula atau pemanis lainnya. Wanita disarankan meminum jus anggur sebanyak 177 – 470 cc jus anggur tiap harinya.

2. Teh Hijau

Teh hijau dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Selain mengandung antioksidan, teh hijau juga mengandung katekin dan polyphenol yang tinggi. Polyphenol merupakan antioksidan jenis bioflavonoid.

Sejumlah penelitian telah dilakukan di Jepang, China bahkan Amerika untuk meneliti manfaat katekin. Katekin bermanfaat untuk mencegah macetnya pembuluh darah dan juga menghindarkan saraf dari efek penuaan dini.

Kandungan polyphenol dan katekin ini mampu menurunkan kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh, menurunkan kadar gula darah, memperlancar pencernaan serta dapat melarutkan lemak dan kolesterol jahat. Minumlah teh hijau sebagai minuman penurun kolesterol.

Baca Juga: Nasi box Paling Enak di Jakarta

3. Yogurt

Di dalam yogurt terkandung bakteri Lactobacillus yang dapat memecah molekul garam empedu dan dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dan menaikkan kadar kolesterol baik (HDL). Untuk mengantisipasi tingginya kadar kolesterol setelah Anda mengosumsi daging, Anda bisa meminum yogurt sebanyak 200 mg per hari. Mengonsumsi yogurt dapat membantu memperbaiki sistem metabolisme pada tubuh.

4. Jus Belimbing

Belimbing kaya akan antioksidan, vitamin C serta natrium yang dipercaya bisa menurunkan kadar kolesterol yang tinggi. Untuk menurunkan kadar kolesterol, Anda bisa membuat jus belimbing dan meminumnya.

Agar manfaatnya lebih terasa, Anda bisa membuat jus belimbing yang dicampur dengan air temulawak sebanyak 50 ml dan ¼ perasan jeruk lemon serta 2 sdm madu. Campur semua bahan saat Anda memblender buah belimbing. Selanjutnya, Anda bisa meminum langsung atau Anda bisa menambahkan es batu.

5. Jus Alpukat Daun Salam

Buah alpukat sudah dikenal memiliki banyak manfaat. Sejumlah penelitian menemukan bahwa dapat menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Di dalam alpukat terdapat lemak tak jenuh tunggal yang baik bagi kesehatan.

Dikutip dari Journal of Clinical Lipidology, orang yang menguonsumsi alpukat secara teratur tiap harinya dapat menurunkan kadar kolesterol secara signifikan. Anda bisa menjadikan jus alpukat dan daun salam sebagai minuman penurun kolesterol.

Caranya, blender 1 buah alpukat bersama dengan 100 ml air rebusan daun salam. Kemudian tambahkan madu secukupnya dan es batu agar lebih menyegarkan. Anda bisa mengonsumsi minuman ini secara teratur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *