Berapa Biaya Hidup di Jerman sebagai Pelajar? Ini Rinciannya

Meneruskan pendidikan di Jerman adalah mimpi banyak orang. Apapun jurusan Anda jika mendapat kesempatan untuk melanjutkan sokelah ke Jerman pasti akan dimanfaatkan dengan baik.

Apakah Anda sudah mempersiapkan semua hal untuk hidup di Jerman selama beberapa tahun menempuh pendidikan di sana? Apakah Anda sudah tahu berapa biaya hidup yang harus dipersiapkan dan apa saja yang termasuk di dalamnya?

Baca Juga: 5 Minuman Penurun Kolesterol

Jika Anda sekolah ke Jerman dengan beasiswa maka Anda sudah tidak pusing lagi dengan biaya pendidikan. Bahkan ada beberapa universitas terbaik yang menawarkan biaya pendidikan gratis.

Di samping biaya pendidikan tersebut paling utama untuk dipikirkan adalah biaya sewa tempat tinggal, makan, transportasi dan biaya tambahan lainnya.

Berapa Biaya Hidup di Jerman sebagai Pelajar? Ini Rinciannya

Mata uang Jerman adalah uero di mana ketika di rupiahkan memiliki angka yang sangat tinggi. Inilah yang membuat banyak orang melotot ketika memperikirakan biaya hidup sebagai seorang pelajar di sana.

Namun apakah benar biaya hidup di Jerman sangat mahal? Berikut ini perkiraan biaya hidup yang harus dipenuhi.

1. Tempat tinggal

Sebagai pelajar di sana Anda membutuhkan tempat tinggal dan jika Anda akan tinggal sendiri Anda bisa menyewa apartemen.

Untuk biaya yang satu orang Anda bisa menyewa apartemen berukuran 3 X 4 meter yang sudah lengkap dengan kamar mandi dan dapur terpisah.

Harga apartemen sangat bervariasi mulai dari 250 euro sampai 300 euro sekitar 3,625.000 juta sampai 4,350.000 juta. Tentu saja semakin dekat dengan lokasi kampus maka harga semakin mahal.

Tapi tenang karena Anda tidak perlu bingung untuk pembayaran listrik dan air karena harga sudah termasuk dengan fasilitas tersebut.

2. Transportasi

Satu lagi yang sangat penting dan dibutuhkan yaitu biaya transportasi. Ada banyak alat transportasi yang bisa digunakan seperti kereta atau bus.

Untuk transportasi ini tergantung dengan lokasi tempat tinggal. Rata-rata untuk harga satu tiket bus saja sekitar 1,5 euro atau Rp 21.000 untuk sekali jalan.

Namun mudahnya banyak universitas yang menyediakan tiket bus gratis untuk daerah tertentu atau Anda juga bisa membeli biaya bus secara bulanan yang harganya bisa mencapai 50 euro per bulan atau setara dengan Rp 72.500

Jika Anda ingin pergi berkeliling ke kota lain maka Anda harus menambahkan budget lebih banyak untuk transportasi.

Untuk naik bus ke kota lain biaya bus sekitar 10 euro atau setara Rp 145.000 Sedangkan untuk kereta sekali jalan mulai dari 20 euro setara dengan Rp 290.000 dan rasanya cukup mahal untuk transportasi

Jika Anda ingin tinggal dengan hemat maka lakukan perjalanan keluar kota setiap beberapa bulan sekali saja.

3. Makan

Konsumsi makan biasanya adalah biaya hidup di Jerman yang cukup mahal. Untuk sekali makan jika pergi ke restoran maka Anda membutuhkan uang sebesar 5 euro yaitu Rp 72.500, sedangkan jika Anda pergi ke warung pinggir jalan maka Anda bisa mendapatkan harga 1.5 euro.

Namun itu baru satu kali makan. Jika Anda bisa memasak sendiri maka hanya dibutuhkan sekitar 3 euro untuk sekali makan.

Anda bisa berbelanja untuk kebutuhan makan satu bulan dengan uang 100 euro bahkan Anda bisa membeli beberapa snack.

Memasak sendiri memang lebih hemat namun Anda juga bisa menambahkan biaya jika ingin mencoba kuliner di sana dengan perkiraan harga tersebut.

Sudah tahu rincian biaya hidup di Jerman dengan kebutuhan yang sangat pokok di atas? Nah perkiraan harga di atas adalah sebagai gambaran, untuk prakteknya Anda perlu membuat rincian sendiri tergantung dengan kebutuhan masing-masing dan bagaimana Anda akan menghabiskan uang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *