Cara Jitu Belajar Bahasa Jerman Sehari-Hari Untuk Pemula

Belajar bahasa Jerman tentu saja menjadi tantangan tersendiri untuk kita. Pasalnya berbeda dengan belajar bahasa Inggris, bahasa Jerman membutuhkan usaha yang cukup tinggi dan juga keseriusan dalam mempelajarinya. Mulai dari membuat rangkuman hingga mengikuti kursus privat bahasa Jerman terbaik di Jakarta, rela dilakukan oleh orang-orang yang ingin mahir bahasa Jerman.

Belajar bahasa Jerman sangat penting jika anda ingin bersekolah ke luar negeri, khususnya kuliah di Jerman. Jerman sendiri merupakan negara yang paling banyak menjadi tujuan dari murid-murid internasional dari berbagai macam penjuru dunia.

Hal ini karena pemerintah Jerman sendiri selalu membuka kesempatan Beasiswa untuk para pelajar yang berasal dari mana saja, termasuk dari Indonesia secara gratis.

Tips Belajar Bahasa Jerman Sehari-Hari Untuk Pemula

Apakah anda adalah salah satu orang yang ingin melanjutkan studi atau kuliah di Jerman? Jika memang benar begitu, tentu saja anda harus segera mempersiapkan pengetahuan dan skill dalam berbahasa Jerman. Jangan sampai ketika anda sudah sampai di Jerman, anda tidak paham dan mengerti seputar bahasa Jerman yang digunakan sehari-hari.

Nah untuk itu, tentu saja anda harus mempelajari bahasa Jerman dengan cara apapun entah itu secara otodidak atau mengikuti kursus. Berikut dibawah ini adalah beberapa tips yang bisa anda gunakan jika ingin mahir belajar bahasa Jerman dengan mudah dan cepat.

1.     Belajar Pelafalan

Langkah pertama untuk anda yang ingin belajar bahasa Jerman bisa dilakukan dengan belajar pelafalan. Dengan membiasakan pelafalan Jerman akan membuat anda menjadi lebih paham dan mengerti bahasa Jerman. Memang untuk anda yang pertama kali belajar bahasa Jerman akan terasa sulit.

Hal ini karena cengok Jerman yang berbeda dibandingkan bahasa Inggris, perlu waktu yang cukup lama untuk anda agar bisa terbiasa menggunakan cengkok bahasa Jerman.

Mulailah dengan membaca Alfabet. Karena dalam bahasa Jerman terdapat beberapa perbedaan pengucapan huruf alfabet seperti halnya huruf Y yang dibaca dengan Ipsilon.

2.     Menggunakan Kamus Buku Bergambar

Untuk anda yang ingin belajar kosakata bahasa Jerman, lebih baik gunakan buku-buku yang hanya berisi bahasa Jerman saja tanpa ada penjelasan bahasa Indonesia. Nah untuk itu, agar anda bisa mengetahui arti dari kosakata bahasa Jerman tersebut anda bisa memilih buku kamus bergambar.

Karena mempelajari kosakata bahasa Jerman akan lebih mudah jika dibandingkan hanya melalui tulisan-tulisan saja. Otak akan lebih merespon serta mudah mengingat visual dibandingkan tulisan.

3.     Perbanyak Membaca

Membaca adalah kunci paling penting jika anda ingin belajar bahasa Jerman. Hal ini karena terkadang belajar teori saja akan membaut anda bosan adlam belajar bahasa Jerman. Berbeda jika anda sekaligus mengaplikasikan teori tersebut. Dengan membaca anda akan dipaksa untuk berusaha mencari arti dari kosakata bahasa Jerman tersebut. Dengan begitu secara otomatis koleksi atau ingatan kosakata anda akan bertambah.

Banyak membaca juga bisa memberikan anda dengan bagaimana sih tata bahasa Jerman sebenarnya. SUpaya anda tidak mudah bosan, anda bisa memilih topik bacaan yang anda sukai. Misalnya saja anda suka membaca koran, majalah atau topik lainnya.

4.     Praktek Percakapan

Terakhir tentu saja anda juga harus praktek percakapan untuk mengukur pengetahuan anda seputar bahasa Jerman. Untuk prakteknya sendiri anda bisa memanfaatkan sosial media, mencari teman baru dari negara Jerman kemudian saling berkomunikasi melalui chat dengan orang Jerman tersebut. Dengan begitu anda akan terbiasa berkomunikasi menggunakan bahasa Jerman.

Nah itulah beberapa cara jitu belajar bahasa Jerman sehari-hari, semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *