Intel “Skylake”

Perkembangan teknologi yang paling dinanti dan banyak memberikan pengaruh adalah prosesor. Desktop PC, notebook, tablet, smartphone, hingga wearable menggunakannya. Tahun depan, Intel dijadwalkan akan merilis keluarga prosesor baru penerus Intel Broadwell yang ada saat ini. Intel Skylake, begitu prosesor ini disebut, kabarnya terdiri dari lima varian dengan kode S, H, U, Y, dan K. Varian dengan kode huruf H, U, dan Y menggunakan soket BGA dengan multiplier yang dikunci.

Baca juga : Net89

Sementara seri S dan K menggunakan soket LGA 1151. Intel Skylake akan menggunakan teknologi fabrikasi 14nm, masih sama dengan yang digunakan keluarga Intel Broadwell saat ini. Sementara di tahun 2016, Intel baru akan menggunakan teknologi fabrikasi 10nm. Mainboard LGA 1151 yang akan berduet dengan prosesor Intel Skylake nantinya akan menggunakan chipset Z170 atau H170 yang dilengkapi teknologi terbaru, seperti dukung an RAM DDR4 hingga 64 GB, jalur PCI Express 4.0, dan therma design power hingga 95 watt.

Kabarnya, jajaran Intel Skylake memiliki tiga level cache, yaitu L1 cache dengan kapasitas 128 KB, L2 cache 512 KB, dan L3 cache hingga 12 MB. Bagaimana dengan sektor grafisnya? Intel Iris Pro Graphics yang nantinya akan digunakan diklaim memiliki performa hingga 50% lebih cepat dari generasi sebelumnya. GPU tersebut mendukung DirectX 11.2, OpenGL 5.0, dan OpenCL 2.1. Untuk menampilkan visual ke layar monitor atau TV, GPU tersebut mampu mendukung hingga resolusi 4.096 x 2.160 melalui kabel HDMI.

Tanpa tepi layar LG saat ini sedang me ngembangkan panel layar LED untuk smartphone dengan nama LG Neo Edge. Prototipe dari panel ini memiliki dimensi layar 5,3 inci dengan ketipisan tepian layar 0,7 mm, lebih tipis dari kartu ATM. Tek nologi ini menggunakan lem sebagai bahan pere katnya, bukan lagi double tape.

MediaTek Saat ini, MediaTek sudah memiliki pro sesor mobile octa-core murni. Tahun depan, MedaTek masih akan mengan dalkan prosesor octa-core, hanya saja memiliki teknologi terbaru. Prosesor MT6573 misalnya, kabarnya sudah mengusung arsitektur 64-bit dengan kecepatan hingga 1,7 GHz.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *