Kandungan dan 10 Manfaat Sarang Semut Papua       

Jasa Interior JakartaSarang semut adalah sejenis tanaman yang memiliki nama latin myrmecodia dan tumbuh di kawasan Asia Tenggara hingga Australia. Di Indonesia sendiri sarang semut banyak ditemukan di seantero nusantara termasuk juga dataran Papua.

Sarang semut Papua dikenal sebagai salah satu tumbuhan yang memiliki segudang manfaat untuk kesehatan, nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan berbagai manfaat sarang semut papua atau khasiat sarang semut papua untuk kesehatan dan penyembuhan segala macam penyakit yang saya rangkum dari website gaya hidup pria

Kandungan Sarang Semut Papua

Sebelum mengetahui perihal khasiat dari sarang semut papua, di bawah ini saya jelaskan terlebih dahulu mengenai beberapa kandungan yang terdapat pada tumbuhan tersebut. Berikut jenis-jenis kandungannya

  1. Flavonoid

Flavonoid adalah senyawa yang berasal dari bahan alam yang bersal dari pigmen tumbuhan. Setidaknya ada 6000 senyawa yang saat ini sudah tergolong menjadi flavonoid.

Flavonoid sendiri juga memilki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh mencegah penyakit kanker, anti-inflamasi, mencegah osteoforosis diabetes, atsma, katarak, wasir, migrain, dan berguna untuk antibiotik hingga penanganan kasus HIV (AIDS) dan virus herpes.

Baca Juga: Jasa Desain Interior Kantor

  1. Tantin

Tantin adalah astrigent dan polofenol tanaman yang menimbulkan rasa pahit yang berfungsi untuk mengendapkan protein. Tanin sendiri berfungsi untuk pengobatan berbagai njenis oenyakit seperti diare, pendarahan hingga wasir.

  1. Mengandung Vitamin Untuk Tubuh

Mengandung berbagai macam vitamin yang    berguna untuk tubuh Kandungan dalam sarang semut mengandung banyak vitamin seperti vitamin E, zat besi ,natrium, kalsium, magnesium, fosfor, kalium dan berbagai jenis vitamin lainnya yang bermanfaat bagi kesehatan

  1. Polifenol

Polifenol adalah sejenis zat yang sangat berguna sebagai antioksidan dalam sistem kekebalan tubuh. polifenol sendiri berfungsi untuk menurukan kadar gula dalam darah, mampu menangkal radikal bebas dan mencegah penyakit kanker dan jantung koroner.

10 Manfaat Sarang Semut Papua

 

Macam-macam jenis penyakit yang dapat disembuhkan dengan mengkonsumsi sarang semut Papua:

  1. Mengobati Penyakit Kanker dan tumor

Sarang semut papua memiliki khasiat sebagai penyembuhan penyakit kanker seperti kanker payudara, kanker otak, kanker darah, kanker paru-paru prostat hingga kanker liver.

  1. Dapat Meningkatkan Kekebalan Dalam Tubuh

Kesibukan, rutinitas kerja, jarang olahraga hingga gaya hidup tidak sehat dapat menurunkan daya tahan tubuh hingga memicu berbagai macam jenis penyakit.

  1. Pengobatan penyakit magh

Taukah Anda jika sarang semut papua juga dapat digunakan sebagai alternatif pengobatan penyakit magh dan berbagai masalah penyakit pencernaan lainnya.

  1. Pengobatan untuk penderita hipertensi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi juga dapat diatasi dengan mengkonsumsi sarang semut papua. Kandungan flavonoid yang terdapat di dalam sarang semut papua dapat menurunkan tekanan darah secara efektif.

  1. Mengobati penyakit jantung

Manfaat sarang semut papua juga berguna untuk mengobati penyakit jantung koroner. Hal ini dikarenakan kandungan magnesium yang berguna untuk membantu relaksasi otot jantung serta kalsium yang berfungsi untuk membuat kontraksi pada jantung.

Jika kedua mineral ini saling bersinergi maka dapat membantu mempertahankan irama detak jantung agar dapat berfungsi dengan baik

  1. Mengobati migrain

Migrain adalah salah satu penyakit kepala yang biasanya hanya terjadi di salah satu sisi kepala saja. Migrain dapat diatasi dengan mengkonsumsi sarang semut karena kandungan magnesium, natrium, kalsium dan flavinoid yang ada di dalamnya.

  1. Penyembuhan pada penyakit stroke

Kandungan senyawa tokoferol dalam sarang semut juga terbukti dapat mengencerkan penggumpalan darah pada penderita penyakit stroke. Selain itu, senyawa tokorefol juga berfungsi untuk menurukan tekanan darah pada penderita darah tinggi.

  1. Sebagai penyembuhan penyakit diabetes

Mengkonsumsi sarang semut dapat dijadikan alternatif untuk Anda penderita diabetes millitus. Sarang semut diperkaya banyak mineral dan vitamin hingga dapat memulihkan kembali fungsi pankreas dan hormon insulin dalam tubuh.

  1. Rematik

Enzim xantin oksidase merupakan salah satu enzim penyebab penyakit sendi atau rematik. Enzim xatin oksidase dapat dihambat dengan mengkonsumsi zat flavioid yang terdapat dalam sarang semut papua.

  1. Meningkatkan kekebalan imun di dalam tubuh

Untuk menjaga kesehatan tubuh pennting untuk selalu menjaga agar imunitas di dalam tubuh tetap terjaga dengan stabil. Enzim polivenol, flavonoid serta tokoferol dalam tanaman sarang semut papua dapat secara efektif mencegah berbagai macam jenis penyakit yang membahayakan tubuh.

Setelah mengetahui kandungan dan khasiat sarang semut papua, di bawah ini saya jelaskan mengenai cara pengolahan sarang semut papua untuk pengobatan berbagai macam penyakit.

Cara Mengolah Sarang Semut Papua

 

  • Rebus kurang lebih 10 gram sarang semut papua bersama dua gelas air bersih
  • Tunggu hingga air mendidih dan berubah warna menjadi kecoklatan seperti the
  • Setelah mendidih kecilkan api lalu aduk secara perlahan
  • Diamkan selama 15 menit kemudian jadikan ramuan sarang semut papua menjadi 1 gelas saja lalu tunggu hingga dingin.
  • Saring air sarang semut papua yang sudah didinginkan lalu minum secara rutin setiap 3 gelas perhari untu
  • Pencegahan dan 3 hingga 8 gelas perhari untuk pengobatan.

Mengkonsumsi sarang semut papua bukan tanpa efek samping. Meskipun herbal jika dalam cara mengkonsumsinya tidak sesuai aturan makan akan dapat menimbulkan masalah lain pada kesehatan Anda.

Biasanya saat mengkonsumsi sarang semut papua penderita akan merasa tubuhnya panas seperti sedang demam, penurunan sel darah merah hingga turunnya kadar gula dalam darah.

Namun Anda tak perlu khawatir karena jika saat mengkonsumsi kita mengikuti saran dan pentunjuk penggunaan secara benar, maka resiko semacam itu mungkin bisa diturunkan dan baca informasi menarik lainnya seputar interior di website Arskal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *