Ubah Atap Karena Bocor Bagian 2

Untuk denah rumah, memang saat ini saya lihat dinding depan sangat dekat dengan jalan, sementara Anda tidak menjelaskan berapa lebar jalan di depan rumah Anda. Sudah menjadi peraturan baku dan standar bahwa Garis Sempadan Bangunan (GSB), yaitu dinding paling depan dari rumah harus memiliki ruang dan jarak dengan pagar/batas jalan. Pada umumnya jarak/lebar GSB adalah setengah dari lebar jalan. Jadi apabila jalan di depan rumah Anda lebarnya adalah 6.00m, maka kirakira GSB atau jarak dinding rumah dengan pagar Anda adalah 3.00m.

Baca juga : Jual Genset Surabaya

Namun apabila bukan berupa dinding tertutup—misalnya carport, teras, balkon, dan sebagainya Anda masih bisa melewati GSB. Oleh sebab itu, dinding depan rumah Anda saya buka dan saya jadikan sebagai teras sekaligus ruang penerima tamu mungil. Kemudian ruang tamu yang ada saya tambahkan lebarnya dan dijadikan sebagai ruang tidur yang luasnya lebih ideal dibandingkan sebelumnya. Dengan posisi seperti ini, Anda bisa mendapatkan ruang tengah yang terasa lebih luas dibandingkan sebelumnya.

Ruang tengah ini dapat sekaligus menjadi ruang keluarga, ruang makan, dan dapur Bagian paling belakang rumah saya buat sebagai ruang terbuka. Sebagian berupa taman kering dan sebagian lainnya sebagai ruang cuci dan setrika. Ruang Tidur di Atas Di lantai atas, ruang tidur utama saya letakkan di bagian depan. Di sini saya buat menjadi sebuah ruang tidur utama yang ideal dan senyaman mungkin. Seandainya Anda memerlukan kamar mandi pribadi, Anda dapat mengubah bukaan pintu kamar mandi dari dalam rumah. Sedangkan untuk ruang tidur 2 dapat menggunakan kamar mandi di lantai 1.

Saya memanfaatkan penutup atap teras rumah sebagai balkon untuk ruang tidur utama ini. Ruang antara ruang tidur utama dan ruang tidur 2 saya jadikan sebagai ruang buku atau perpustakaan mini keluarga Anda, sedangkan di atas ruang cuci dan setrika saya buat sebagai ruang jemur. Kemudian untuk sumur resapan air hujan, Anda dapat membuatnya di depan teras rumah. Air hujan dari belakang rumah dapat saja disalurkan melalui talang tertutup ke depan. Namun Anda juga bisa membuat satu lagi sumur resapan di taman kering belakang rumah jika Anda tidak mau membuat saluran air tertutup untuk ke depan rumah. Mudah-mudahan ide yang saya berikan dapat berkenan dan dapat menjadi rumah mungil keluarga yang nyaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *