Ubah Atap Karena Bocor

Saya dan keluarga memiliki sebuah rumah di lahan berbentuk “aneh”, karena mendapat kelebihan tanah di belakang. Lebar tanah 5m, sisi timur dan barat diapit tetangga, sementara dinding bagian belakang berbatasan dengan lahan kosong. Jika hujan lebat, air merembes melalui dinding ini. Ruang yang kami inginkan adalah sebagai berikut. 1. Carport. Kalau memungkinkan posisinya tetap seperti sekarang. 2. Ruang tamu. 3. Perpustakaan mini di lantai atas. 4. Ruang tidur (3 buah); 1 buah di lantai bawah, 2 buah di lantai atas. 5. Kamar mandi. 6. Dapur. Kalau bisa posisi dapur tidak dipindah. 7. Ruang makan yang menyatu dengan dapur. 8. Ruang keluarga. 9. Ruang cuci/jemur.

Baca juga : Jual Genset Bali

Kami ingin mengubah bentuk atap. Awalnya atap berbentuk jurai, sehingga sering bocor. Kami ingin mengubahnya menjadi atap pelana. Selain itu, tembok depan (kamar tidur) juga terlalu dekat dengan pagar. Rencananya, kami ingin memundurkan tembok itu sekitar 1m. Ruang buku di sebelahnya ingin kami bongkar, supaya ruang tamu jadi lebih lega. Untuk desain, kami mengharapkan desain yang hemat energi, rumah yang terang dan punya sirkulasi udara yang baik. Jika memungkinkan, kami ingin ada sumur resapan di halaman rumah. Namun, kami bingung dengan instalasinya karena kami ingin sumur resapan ini menampung air talang di belakang rumah. Terima kasih atas bantuan Pak Wijoyo. Maaf kalau pertanyaan dan kemauannya banyak.

Sebetulnya tanah berbentuk trapesium seperti ini adalah biasa, karena masih berbentuk geometris beraturan. Dinding kiri kanan masih sejajar, jadi masih mudah untuk membuat pembagian ruang yang nyaman. Sedangkan air yang merembes dari dinding belakang rumah Anda, bisa jadi permukaan tanah kosong di belakang rumah Anda itu letaknya lebih tinggi, sementara tembok pembatas tidak dibuat sebagai dinding kedap air, sehingga air tanah merembes ke halaman/ bagian belakang rumah Anda.

Tinggikan Dasar Rumah Ada baiknya, karena Anda bermaksud membangun rumah menjadi 2 lantai. Anda bisa meninggikan lantai dasar rumah Anda sekitar 50-60cm, dan membuat lantai dasar rumah menggunakan beton bertulang. Dengan cara ini, niscaya rumah Anda akan terbebas dari rembesan air tanah. Dinding belakang rumah juga ada baiknya Anda lapis lagi dengan dinding ¼ bata dengan adukan kedap air dengan perbandingan 1PC:2Ps (1 semen: 2 pasir) dan dapat ditambahkan bahan tambahan (additive) kedap air.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *